Aplikasi Agrobost Pada Sawit, Ruar Biasa !

APLIKASI AGROBOST PADA KELAPA SAWIT

  1. Pembibitan, Pemupukan pada bibit tanaman sangat dianjurkan, dosis dan waktu pemupukan tergantung pada usia tanaman.

a.     Berikan larutan Agrobost (1 liter Agrobost : max 200 liter air) pada bibit dalam poly bag secukupnya setiap 10 hari sekali sampai bibit tanaman berumur 16 bulan.

b.     Pupuk Kimia yang diberikan adalah pupuk majemuk N – P – K – Mg (15 – 15 – 6 – 4 atau 12 – 12 – 17 – 2). Bibit berumur 4 – 6 bulan sebanyak 20 gr setiap poly bag, umur 7 – 12 bulan sebanyak 30 – 40 gr setiap polybag. Pemupukan dilakukan setiap bulan sekali.

  1. Tanaman belum menghasilkan (umur 16 – 30 bulan)

a.     Berikan larutan Agrobost (2 liter Agrobost: air max 400 liter) pada sekitar pangkal batang, sebanyak ± 2 – 3 liter, ulangi setiap 3 bulan sekali. Pada tahap ini untuk satu aplikasi, Agrobost yang dibutuhkan sebanyak 2 liter per hektar atau per tahun dibutuhkan 8 liter.

b.     Pupuk Kimia yang diberikan adalah pupuk majemuk N – P – K – Mg   (15 – 15 – 6 – 4 atau 12 – 12 – 17 – 2). Pemupukan dilakukan setiap 4 bulan sekali dengan dosis 1,5 kg untuk tiap pohon. Asumsi 1 hektar terdapat 140 pohon, jadi kebutuhan pupuk majemuk sebanyak 210 kg per hektar untuk sekali aplikasi.

  1. Tanaman yang sudah menghasilkan (umur 3 – 22 tahun)

a.     Berikan larutan Agrobost (2 liter Agrobost : air max 400 liter) pada sekitar pangkal batang, sebanyak ± 2 – 3 liter, ulangi setiap 3 bulan sekali. per tahun dibutuhkan 8 liter.

b.     Pupuk Kimia yang diberikan adalah pupuk majemuk N – P – K – Mg (15 – 15 – 6 – 4 atau 12 – 12 – 17 – 2). Pemupukan dilakukan setiap 4 bulan sekali dengan dosis 1,5 – 2 kg untuk tiap pohon. Asumsi 1 hektar terdapat 140 pohon, jadi kebutuhan pupuk majemuk sebanyak 210 – 280 kg per hektar untuk sekali aplikasi.

Keuntungan dan Manfaat

  • Menekan penggunaan Pupuk

a.     Penggunaan pupuk (Urea, TSP, KCL maupun kandang) dapat dikurangi sampai dengan 50% dari pemakaian biasanya.

  • Meningkatkan produktivttas pertanian

a.     Meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi pertanian.

b.     Mempercepat usia panen (relatif lebih cepat).

  • Ramah Lingkungan

a.     Mikroorganisme yang terdapat dalam SMS Agrobost dapat memperbaiki Fisik tanah (struktur dan agregasi) dan Kimia tanah (kapasitas tukar kation) serta menambah keragaman Biologi tanah. Sekaligus menjaga kesuburan tanah.

b.     Unsur yang digunakan merupakan unsur hayati yang aman untuk digunakan.

೦ Terdapat mikroba yang mampu untuk menguraikan pestisida/racun yang mengendap di tanah.

• Manfaat Lain

೦ Terdapat mikroba mempunyai kemampuan menambat Nitrogen dari udara bebas, juga terdapat mikroba pelarut Phosphor dan Kalium. Tanah pertanian kita umumnya memiliki kandungan P cukup tinggi (jenuh), namun unsur tersebut sedikit/tidak tersedia bagi tanaman, karena terikat pada mineral liat tanah, disinilah peranan mikroba pelarut tersebut, dengan melepaskan ikatan P dari mineral liat dan menyediakannya bagi tanaman. Mikroba yang mempunyai kemampuan tinggi untuk melarutkan P, umumnya juga mempunyai kemampuan tinggi dalam melarutkan K

About these ads

Tentang Juragan Agrobost

Saya Pemerhati Petani dan saya adalah petani, Saat ini saya adalah ketua Persaudaraan Masyarakat Tani Indonesia (Permata) Yogyakarta, untuk menunjang kegiatan Bisnis agar bisa membantu Petani saya Mendirikan CV. Permata Agrindo Lihat semua tulisan milik Juragan Agrobost

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: